Tunggu, sedang memuat. . .

Rumus Volume Bola

Rumus Volume Bola

Pada post kali ini saya akan membahas tentang volume bola. Bola yang akan saya bahas kali ini adalah bola sebagai bangun ruang.

Bola merupakan bangun ruang yang istimewa. Jika bangun ruang lain melibatkan luas alas untuk mencari volumenya, pada bola tidak. Bola cuma punya 1 sisi. Dengan kata lain, luas sisi tersebut sama dengan luas seluruh permukaan bola.

Bangun ruang sejatinya disusun oleh bangun datar. Misalnya, kubus disusun dari 6 persegi dengan luas yang sama. Lalu bagaimana dengan bola yang hanya memiliki 1 sisi?

Membicarakan tentang bola, erat kaitannya dengan lingkaran. Jika lingkaran adalah himpunan titik-titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu pada bidang datar, bola juga dapat diartikan sebagai himpunan titik-titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu, tetapi dalam konteks tiga dimensi. Dengan kata lain, bola adalah himpunan lingkaran tak terhingga dengan jari-jari sama panjang dan titik pusat yang sama.

Seperti halnya pada lingkaran, pada bola juga terdapat jari-jari dan diameter. Jari-jari bola adalah jarak dari titik pusat ke sisi bola. Sedangkan diameter bola adalah jarak maksimum melalui titik pusat bola.

Rumus Volume Bola

Volume = 4/3πr³

Suatu rumus pasti ada asal-usulnya dari mana rumus itu berasal. Bagaimana dengan rumus volume bola? Untuk membuktikan kebenaran volume bola, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan cara integral. Karena volume bangun ruang adalah materi SD, sedangkan integral adalah materi SMA, maka saya tidak perlu membahasnya di sini. Lagipula terlalu berat kan kalau anak SD harus belajar integral?

Contoh soal
Di bawah ini ada 2 contoh soal tentang volume bola.

1. Sebuah bola memiliki jari-jari 7 cm. Berapakah volume bola tersebut?

V = 4/3πr³ = 4/3 x 22/7 x 7³
V = 4/3 x 22/7 x 7 x 7 x 7
V = 1.437,33 cm³

3. Sebuah benda berbentuk setengah bola dengan jari-jari 14 cm. Jika benda tersebut akan diisi air sampai penuh, berapa banyak air yang dibutuhkan.

Volume setengah bola = 1/2 x volume bola

V = 1/2 x 4/3πr³ = 1/2 x 4/3 x 22/7 x 14³
V = 2/3 x 22/7 x 14 x 14 x 14
V = 2/3 x 8.624
V = 5.749,33 cm³

Demikian materi tentang rumus volume bola beserta contoh soal dan jawabannya.

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */