Rumus Keliling Segitiga Siku-siku, Sama Kaki, dan Sama Sisi

Rumus Keliling Segitiga

Kali ini akan saya bahas tentang rumus keliling segitiga. Cara mencari keliling segitiga tinggal menambahkan sisi-sisinya. Tapi, bagaimana jika sisi miring segitiga tidak diketahui? Apabila kita mengetahui panjang alas dan tinggi segitiga, maka kita bisa cari panjang sisi miringnya seingga kita bisa mencari kelilingnya.

Rumus Keliling Segitiga
Segitiga memiliki tiga buah sisi, sebut saja sisi a, b, dan c.
Rumus keliling segitiga = a + b + c

Pembahasan berikutnya adalah cara mencari panjang sisi miring segitiga. Kita perlu memahami dalil Pythagoras. Perhatikan segitiga siku-siku berikut ini.

segitiga siku-siku

Untuk mencari panjang sisi c, kalian bisa gunakan rumus berikut.

c² = a² + b²

Contoh:
Sebuah segitiga memiliki alas 3 cm dan tinggi 4 cm. Berapakah panjang sisi miringnya?

c² = 3² + 4² = 9 + 16 = 25
c = √25 = 5 cm

Lalu bagaimana dengan segitiga sama kaki? Perhatikan gambar berikut.

segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki memiliki dua sisi yang sama panjang. Kedua sisi tersebut merupakan sisi miring. Sangat mudah menghitung keliling segitiga sama kaki jika panjang salah satu sisi miring dan alasnya diketahui. Jika alas dan tinggi segitiga sama sisi diketahui, maka kita bisa mengetahui panjang sisi miringnya.

Loading...

Kita masih menggunakan rumus Pythagoras di atas. Namun, tinggi segitiga siku-siku tegak lurus dengan alasnya, membagi menjadi dua bagian sama panjang. Jadi, untuk mengetahui sisi miring segitiga sama kaki, kita harus membagi dua panjang alas. Secara sederhana, kita potong segitiga sama kaki menjadi dua bagian sehingga menjadi dua segitiga siku-siku.

Sedangkan untuk menghitung luas segitiga sama kaki, kita tidak perlu memasukkan tingginya. Hal ini karena alas bukan termasuk sisi pada segitiga sama kaki. Cara mencari keliling segitiga sama kaki adalah dengan menjumlahkan alas dengan kedua sisi miringnya.

Contoh:
Sebuah segitiga siku-siku memiliki alas 12 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah keliling segitiga tersebut?

sisi miring² = 6² + 8² = 36 + 64 = 100
sisi miring = √100 = 10 cm
keliling = 12 + 10 + 10 = 32 cm

Bagaimana dengan segitiga sama sisi? Sebenarnya sama saja seperti segitiga sama kaki. Akan tetapi, ada cara yang lebih mudah untuk menghitung keliling segitiga sama sisi. Segitiga sama sisi memiliki tiga sisi yang sama panjang, sehingga untuk menghitung kelilingnya, kita bisa gunakan rumus berikut.

keliling segitiga sama sisi = 3 x sisi

Berikut ini gambar segitiga sama sisi.

segitiga sama sisi

Jadi, apabila panjang salah satu sisi segitiga sama sisi diketahui, maka kita bisa mencari kelilingnya. Kita tidak perlu menghitung panjang sisi miringnya dengan menggunakan rumus Pythagoras, karena panjang sisi miringnya pasti sama dengan panjang alasnya.

Contoh:
Berapakah keliling segitiga sama sisi yang panjang salah satu alasnya 14 cm?

keliling = 3 x 14 = 42 cm

Demikian pembahasan rumus keliling segitiga siku-siku, sama kaki, dan sama sisi beserta contoh soal dan pembahasannya.

Jika ada yang mau ditanyakan, silakan masukkan pertanyaan ke kolom komentar.

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */