Tunggu, sedang memuat. . .

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Tentang Otonomi Daerah Lengkap

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Tentang Otonomi Daerah kali ini menjadi bahasan kita dimana dalam sebuah mata pelajaran tingkat atas dan menengah dalam mapel pkn atau kewarganegaraan akan di bahas sebuah materi yang mengupas pengertian otonomi daerah dan segala unsur unsur yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting sekali kita memahami mengenai topik ini karena akan menyangkut kehidupan langsung di daerah kita.

Nah kali ini kami akan bahas dasarnya saja dimana bagi kalian yang akan ulangan dan mencari materi seputar Pertanyaan Tentang Otonomi Daerah akan menemukan pertanyaan yang modelnya sangat umum sekali dan supaya lebih lengkap juga kami sajikan beserta jawabanya ya.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Tentang Otonomi Daerah

  1. Jelaskan apa saja hubungan erat antara otonomi daerah dengan pemekaran pada suatu daerah, soal ini akan timbul disebabkan di Indonesia saat ini ada beberapa pulau yang sudah mengalami pemekaran dan jumlah provinsi akan bertambah maka jawabanya adalah : Semakin luas suatu wilayah, maka semakin sulit otonomi akan berlangsung di wilayah tersebut. 
  2. Sebutkan tujuan otonomi daerah! Tujuan dari otonomi daerah setidaknya terdapat 5 poin diantaranya sebagai berikut :
  • pemerataan wilayah daerah
  • keadilan nasional
  • pengembangan kehidupan demokrasi
  • peningkatan pelayanan masyarakat yang semakin baik
  • mendorong pemberdayaan masyarakat

Nah diatas merupakan salah satu contoh soal otonomi daerah yang sangat umum sekali akan kalian temukan dimana untuk beberapa contoh pertanyaan lainya dibawah ini kami tambahkan kepada anda.

  1. Coba Jelaskan penerapan daerah dalam konteks negara kesatuan RI?
    Jawab : Dalam konteks ini ( NKRI ) atau pemerintah akan memberikan hak penuh kepada setiap daerah di Indonesia dalam melakukan otonomi daerah dan kesempatan ini tentu saja berdasarkan UUD otonomi daerah di tempat tersebut
  2. Jelaskan hakikat atau nilai dasar otonomi daerah!
    Jawab : Secara harfiah, otonomi daerah diberikan untuk tujuan kemandirian pada setiap daerah di Indonesia jadi, tonomi daerah pada hakikatnya merupakan proses mandiri setiap daerah untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan di daerah.
  3. Apa pengertian otonomi daerah dan daerah otonomi?
    Jawab : Hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  4. Bagaimanakah pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia?
    Jawab : Dengan adanya pelaksanaan otonomi daerah ini akan memberikan dampak pada perubahan sisitem pemerintahan di Indonesia lebih komplit dan dinamis dan terarah.
  5. Sebutkan dasar hukum otonomi daerah!
    Nah jika kalian mendapatkan pertanyaan ini maka jawabanya sangat mudah yakni  UUD 1945,UU No. 31 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
  6. Sebutkan asas-asas otonomi daerah
    Ada 4 asas yang sampai saat ini digunakan dalam hal otonomo daerah diantaranya : sentralisasi, desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembuatan.
  7. Jelaskan manfaat dari diterapkan otonomi daerah!
    Jawab : Demi mendapatkan potensi dalam mengembankan daerah dengan melakukan penggalian akan sumber alam yang ada pada daerah tersebut singkatnya adalah untuk kemajuan daerah itu.
  8. Jelaskan hubungan antara otonomi daerah dan pembangunan daerah!
    Jawab : Dengan otonomi daerah, pemerintah daerah bebas berekspresi dan berkreasi dalam rangka membangun daerahnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  9. Apa hubungn antara otonomi daerah dan kearifan lokal?
    Jawab : Otonomi daerah bisa dimaknai sebagai upaya untuk membangunkan kembali kearifan lokal.

Dari kumpulan soal tanya jawab tentang otonomi daerah diatas kiranya sahabat semua sudah bisa memahami lebih dalam seuptar otonomi daerah. Dan jika ditanya nanti kalian bisa menjawab sesuai dengan fakta dan peraturan pemerinta dan yang berlaku di daerah tersebut.

Kesimpulanya adalah : Dengan melakukan otonomi daerah maka akan di susun sebuah daerah yang mandiri dan memiliki kemampuan dalam memberikan layanan yang lebih baik dimana akan di fokuskan untuk kemajuan daerah itu sendiri di masa yang akan datang.

 

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */