Cara Membuat Opor Ayam Gurih

Kali ini www.terpelajar.com membahas tentang salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia, terutama pada momen tertentu, yaitu opor ayam. Sudah tidak asing lagi bukan dengan kuliner yang satu ini?

Opor ayam merupakan makanan yang dibuat dari daging ayam yang dimasak dengan kuah santan. Makanan ini populer di Indonesia, khususnya saat perayaan Idul Fitri. Makanan ini merupakan menu favorit saat lebaran, biasanya disajikan bersama ketupat atau lontong. Meski khas dengan nuansa lebaran, tak masalah bila Anda membuat opor ayam di luar Idul Fitri.

Memang kuah opor ayam sangat cocok disajikan bersama ketupat maupun lontong. Rasanya gurih, ditambah bumbu-bumbu sedap lainnya, apalagi dimakan selagi hangat, plus sambal untuk menambah rasa. Kalau tidak ada lontong atau ketupat, nasi juga boleh jadi pengganti. Namun, meski berkuah, nasi harus dikunyah sampai hancur. Memang kalau makan nasi dengan kuah, kita bisa dengan mudah menelannya tanpa harus dikunyah sampai benar-benar hancur. Tapi, ini memperberat kerja lambung.

Bagi yang ingin tahu, apa saja sih bahan-bahan untuk membuat opor ayam dan bagaimana cara membuatnya, silakan simak informasi resep berikut.

Resep Opor Ayam

Loading...

Bahan-bahan:
1 ayam, potong menjadi 10 bagian
250 ml santan kental
1.000 ml santan encer
minyak untuk menumis
3 daun jeruk purut
2 daun salam
1 daun serai
2 cm lengkuas

Bumbu halus
Semua bahan-bahan berikut ditumbuk sampai halus.

1 sendok teh merica, digoreng kering
1 1/2 sendok teh ketumbar, digoreng kering
1 sendok teh jintan, digoreng kering
7 bawang merah
4 bawang putih
5 kemiri, digoreng kering
1 cm jahe, dipanggang/digoreng kering
2 cm kunyit, dipanggang/digoreng kering
garam dan gula secukupnya

Cara membuat opor ayam:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.
2. Masukkan daging ayam.
3. Aduk hingga daging ayam bercampur dengan bumbu dan rempah.
4. Tuang santan encer, masak hingga daging ayam empuk.
5. Tuang santan kental, aduk sehingga santan tidak menggumpal.
6. Masak hingga mendidih.

Demikian informasi resep opor ayam. Untuk pelengkap, bisa tambahkan sambal. Selain itu, bisa juga tambahkan kerupuk dan bawang sebagai taburan. Tertarik mencoba resep ini?

Opor ayam merupakan kuliner khas Indonesia, tetapi juga ada di Malaysia. Banyak orang yang menyukai makanan cepat saji dari negara lain. Jangan sampai malah kita lupa dengan makanan khas sendiri, tapi malah negara lain yang hafal resep masakan khas Indonesia.

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */