Tunggu, sedang memuat. . .

5 Negara dan Tokoh Pendiri ASEAN

ASEAN didirikan pada saat Deklarasi Bangkok yang diselenggarakan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Deklarasi ini dihadiri oleh perwakilan dari lima negara kawasan Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Negara-negara tersebut merupakan negara pelopor berdirinya ASEAN. Kemudian negara-negara lainnya ikut bergabung hingga jumlah anggota ASEAN terdiri dari 10 negara.

Tokoh Pendiri ASEAN beserta Asal Negaranya

1. Adam Malik (Indonesia)
Adam Malik merupakan tokoh Indonesia yang pernah menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu). Ia merupakan salah satu Menlu RI yang menjabat dalam waktu yang cukup lama. Adam Malik merupakan salah satu sosok penting dalam sejarah berdirinya ASEAN. Ia merupakan wakil Indonesia saat Deklarasi Bangkok, yang menjadi awal berdirinya ASEAn.

2. Tun Abdul Razak (Malaysia)
Tun Abdul Razak merupakan salah satu tokoh yang dikenal sebagai pendiri Malaysia. Selain itu, ia merupakan penggagas Dasar Ekonomi Baru. Pada tahun 1970 – 1976 ia menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia kedua. Ia merupakan perwakilan dari Malaysia saat Deklarasi Bangkok.

3. Thanat Koman (Thailand)
Perwakilan dari Thailand saat Deklarasi Bangkok adalah Thanat Koman. Mantan Menteri luar negeri Thailand ini merupakan tokoh penting dalam mediasi antara Malaysia dan Indonesia. Sebagai bentuk penghormatan kepada Thanat Koman terhadap peran aktif dalam berdirinya ASEAN, Bangkok dipilih sebagai tempat pembentukan organisasi ini.

4. Narciso Ramos (Filipina)
Narciso Ramos merupakan mantan Presiden Filipina. Ia merupakan salah satu tokoh yang menghadiri Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967, bersama dengan perwakilan empat negara lainnya.

5. S. Rajaratnam (Singapura)
S. Rajaratnam merupakan tokoh Singapura yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada tahun 1965-1980. Semasa menjabat, S. Rajaratnam sempat diutus sebagai perwakilan Singapura dalam Deklarasi Bangkok, yang merupakan awal mula berdirinya ASEAN.

referensi: Wikipedia

Itulah kelima negara pelopor terbentuknya ASEAN. Mungkin ada di antara kalian yang mengira kalau pelopor berdirinya ASEAN yang berasal dari Filipina itu Narsisco Ramos. Entah di buku-buku yang ada itu salah ketik atau bagaimana, ternhyata yang benar adalah Narciso Ramos, bukan Narsisco Ramos. Ini sekadar koreksi, karena biasanya di buku-buku pelajaran sekolah disebutnya Narsisco, bukan Narciso.

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */